oleh

Cegah Banjir, Kodam III Siliwangi Akan Normalisasi Danau

BANDUNG – Kodam III Siliwangi akan melaksanakan normalisasi danau yang kondisinya sudah tidak mampu menampung debit air.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengungkapkan, danau-danau yang akan dinormalisasi berada di wilayah Jawa Barat dan menjadi salah satu program yang akan direalisasikan tahun ini.

“Dengan normalisasi sejumlah danau diharapkan bisa mencegah banjir di wilayah ibukota Jakarta,” katanya, Senin (3/2/2020).

Nugroho menyebutkan, di Jawa Barat terdapat 101 danau dan yang akan dinormalisasi sebanyak 5 hingga 6 danau. Saat ini kondisi danau sebagian besar terjadi pendangkalan dan perlu dilakukan pengerukan.

Dia melanjutkan, untuk melaksanakan pengerukan akan bersinergi dengan pemerintah

“Saat musim kemarau tiba, luas danau 5 hektar menyusut menjadi 3 hektar dan harus dikeruk agar mampu menampung air lebih banyak,” jelas Nugroho.

Nugroho berharap dengan adanya pengerukan, maka daya tampung volume air danau akan lebih banyak dan secara otomatis akan mengurangi air yang langsung turun ke wilayah Jakarta.

“Jika seluruh danau dinormalisasi maka bisa menampung air hingga 1,5 juta meter kubik,” bebernya.

Terkait dengan program Citarum Harum, Pangdam serta unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat lainnya telah melaksanakan rehabilitasi lahan berupa penanaman tanaman vetiver di Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Nugroho menerangkan, tanaman vetiver merupakan jenis tanaman yang diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah tanah longsor dan erosi.

“Tanaman vertiver yang ditanam di Sektor 6 sudah 1.5 tahun, jadi akarnya sudah kuat sedalam 3-5 meter. Lama-lama, akarnya lebih panjang hingga 8 meter sehingga tanaman ini baik sekali untuk menahan longsor,” ujarnya. (RDN)

News Feed