oleh

Edi Setiawan Tewas Tertimbun Longsor di Galian C Rongga Bandung Barat

LEMBANGPEDIA – Edi Setiawan, pria berusia 43 tahun meninggal dunia jadi korban longsor di lokasi penambangan batu di area tambang batu di Kampung Cihaur, RT 1/14, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu 31 Maret 2022.

Edi merupakan warga Kampung Pasir Gombong, RT 2/11, Desa Sirnajaya, Kecamatan Rongga, KBB.

Edi tertimbun longsor saat bekerja di area tambang batu tersebut. Tebing setinggi 30 meter roboh dan menimpa Edi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, longsor yang terjadi pada pukul 12.00 WIB itu disebabkan akibat terjadi pergerakan tanah yang saat itu kebetulan ada pekerja tambang.

“Iya betul, dampak dari pergerakan tanah tersebut menyebabkan adanya korban jiwa. Korban ditemukan meninggal dunia pada pukul 17.00 WIB dan langsung dievakuasi ke rumah duka,” ujarnya.

Kapolsek Gununghalu AKP Wasiman mengatakan, dalam kejadian tersebut korban yang meninggal dunia itu tertimbun material galian C dari ketinggian tebing 30 meter. Edi ditemukan pada pukul 17.00 WIB. 

“Korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia. Keluarga menolak dilakukan autopsi dan menerima sebagai musibah,” kata Wasiman.

Wasiman mengatakan pihaknya tengah menyelidiki penyebab peristiwa longsor tersebut. Menurut Wasiman, penyelidikan akan menunjukkan penyebab longsor apakah ada kelalaian atau kesengajaan.

Setelah adanya kejadian itu, pihaknya langsung memasang garis polisi agar aktivitas penambangan ataupun penggalian di galian C tersebut dihentikan sementara sampai waktu yang belum ditentukan. Di lokasi, selain Edi, ada 8 penambang lainnya yang bekerja.(TIEN)

News Feed