oleh

Informasi Angin Utara Pembawa Wabah, BMKG Sebut Itu Hoax

JAKARTA – Telah beredar pesan singkat di WhatsApp yang mengimbau masyarakat tidak keluar rumah selama tiga hari. Terhitung sejak 10 April 2020 hingga 12 April 2020.

Dalam pesan singkat itu, disebutkan masyarakat diam di rumah dan tidak perlu ke luar meskipun dengan alasan untuk berjemur. Pasalnya, akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit.

Menanggapi hal itu, Plt. Deputi Bidang Meterologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Herizal mengatakan informasi itu merupakan berita bohong (hoax). Menurut Herizal, BMKG tidak pernah merilis informasi tersebut.

“Informasi itu hoax. Tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya dalam siaran pers pada Kamis (9/4/2020) malam.

Herizal mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Sehingga, sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara (Benua Asia).

“Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur selatan (Benua Australia),” ujar Herizal.

Herizal menyebutkan berbagai informasi yang valid mengenai BMKG, dapat diakses di layanan informasi BMKG baik di laman resmi dan media sosial resminya. (Tien)

Komentar

News Feed