oleh

Jumlah Pasien Positif COVID-19 Cenderung Meningkat, Pelaksanaan PSBB Di Bandung Barat Tidak Maksimal

NGAMPRAH – Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bandung Barat tidak maksimal, dengan adanya kecenderungan jumlah pasien positif COVID-19 meningkat.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menyatakan, dari hasil evaluasi selama pelaksanaan PSBB di tujuh kecamatan selama dua pekan ini kurang maksimal. Hal itu terlihat dengan masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang diberlakukan pemerintah.

“Ketidakberhasilan PSBB bisa dilihat di pasar tradisional dan pasar modern, masih banyak orang yang berkerumun. Begitu juga di pasar tumpah yang banyak diburu masyarakat untuk membeli kebutuhan buka puasa,” katanya, Selasa (5/5/2020).

Aa umbara berjanji dalam pelaksanaan PSBB Skala Provinsi Jawa Barat yang akan dimulai tanggal 6 Mei 2020 hingga 19 Mei 2020 akan diterapkan secara ketat. Salah satunya menempatkan Satpol PP di titik-titik rawan adanya kerumunan masyarakat.

“Pengetatan juga akan dilakukan di tujuh titik check point yang tersebar di tujuh kecamatan, serta penerapan ketat di pasar tradisional agar penerapan physical distancing optimal,” jelasnya.

Sedangkan kesiapan Pemkab Bandung Barat dalam penanganan dan penanggulangan COVID-19, sudah menyiapkan ruang isolasi di RSUD Cililin, RSUD Lembang, RSUD Cikalongwetan, dan Masjid Ash-Ashidiq.

“Untuk orang tanpa gejala (OTG) akan ditempatkan di Masjid Ash-Shiddiq dan mudah-mudahan tempatnya segera selesai,” jelas Aa Umbara.

Sementara itu, Kapolres Cimahi, AKBP. M Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan, adanya peningkatan jumlah yang positif maka penjagaan di beberapa gerbang tol juga akan diketatkan, guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

“Pengetatan yang dilakukan dengan melakukan penjagaan selama 24 jam dibeberapa gerbang tol yang masuk Bandung Barat dan Cimahi,” ucapnya.

Yoris menyebutkan, pihaknya akan menambah jumlah personel menjadi 500 orang petugas yang akan berjaga di 26 check point. Pasalnya selama pelaksanaan PSBB selama dua pekan masih banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran.

“Dari hasil evaluasi masih banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran, diantaranya banyak yang tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak,” urainya.

Berdasarkan data dari laman https://pik.bandungbaratkab.go.id/ hingga hari ini Selasa (5/5/2020), jumlah positif Covid-19 mencapai 39 orang, sedangkan jumlah pasien sembuh sebanyak 4 orang dan 2 orang meninggal dunia. (RDN)

 

News Feed