oleh

Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Hari Ini, Buat Akun dan Ikut Seleksinya

LEMBANGPEDIA – Pemerintah membuka pendaftaran gelombang 14 program Kartu Prakerja hari ini, Kamis, 11 Maret 2021.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, program kartu prakerja gelombang 14 bakal dibuka pukul 12.00 WIB dengan kuota untuk 600.000 orang.

Bila pendaftar sudah memiliki akun, data diri sudah lengkap, serta telah mengikuti beragam tes yang dibutuhkan, maka ia bisa langsung login untuk mengklik ikon “join batch” yang tersedia pada masing-masing dashboard pendaftar.

Namun, bila belum, calon peserta harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran akun di laman resmi Kartu Prakerja tersebut.

Untuk bisa mendaftar, pendaftar harus terlebih dahulu mengakses laman www.prakerja.go.id. Setelah mendaftarkan akun, pendaftar Kartu Prakerja harus mengisi data diri secara lengkap sesuai dengan ketentuan, serta mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Cara membuat akun prakerja dan tahapan seleksi

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Masukkan alamat email dan password Anda, jangan lupa centang kalimat ‘Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku’

3. Buka email yang sudah Anda daftarkan lalu tekan ‘Verifikasi Email Kamu’

4. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun. Pastikan ukuran foto KTP maksimal 2 MB.

Cara mengikuti seleksi:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Setelah dinyatakan lolos seleksi, peserta diminta memilih pelatihan dan menyelesaikannya agar dapat mencairkan insentif kartu prakerja.

Skema Program Kartu Prakerja pada Semester I tahun 2021 sebagai berikut:

1. Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta.
2. Dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.
3. Dana insentif pengisian tiga survei evaluasi sebesar Rp150 ribu yang dibayarkan sebesar Rp50 ribu setiap survei.(RDN)

News Feed