oleh

Luncurkan Buku Pembiayaan UMKM, Menko Airlangga Hartarto Berikan pada Perwakilan Bank BJB

LEMBANGPEDIA– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meluncurkan buku Pembiayaan UMKM di Selasar Loka Kretagama.

Menurut Menko Airlangga Hartarto, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan critical engine yang berperan penting dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi pada periode pandemi Covid-19.

Pentingnya peran UMKM bagi perekonomian ini menjadi latar peluncuran buku yang berjudul “Pembiayaan UMKM”.

Menko Airlangga Hartarto menyampaikan penerbitan buku terkait UMKM dipilih karena UMKM menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi selama masa pandemi Covid-19. Diharapkan buku ini menjadi catatan berbagai kebijakan pembiayaan UMKM mulai dari periode 1990-an sampai dengan yang terbaru.

Kontribusi UMKM terhadap PDB telah mencapai 61% dengan kemampuan penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Selain itu, UMKM juga berperan dalam mendorong peningkatan investasi dan ekspor Indonesia. Total investasi di sektor UMKM telah mencapai 60% dari total investasi nasional dan kontribusinya terhadap ekspor non migas nasional telah mencapai 16%.

Menko Airlangga berharap buku tersebut dapat menjelaskan mengenai ekosistem pembiayaan mulai dari pembiayaan super mikro dengan KUR dan Kredit Usaha Kecil dan Menengah. Pada buku tersebut juga terdapat target dari Presiden Joko Widodo untuk menambah pembiayaan Kredit UMKM yang saat ini masih 20% menjadi 30%.

“Hal tersebut memberikan keleluasaan bagi UMKM untuk terus bergerak dan bank juga diberikan waktu untuk bernafas. NPL kami lihat relatif rendah dibandingkan yang lain,” tutur Airlangga.

Pada peluncuran buku tersebut, bank bjb bersama Bank Jateng diundang mewakili BPD sebagai bank penyalur KUR. Dalam sambutannya Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Iskandar Simorangkir turut memberikan welcoming remarks terkait sistematika buku dan rencana sosialisasi ke depan.

Direktur Komersial dan UMKM Bank bjb Nancy Adistyasari juga hadir. Nancy menerima buku tersebut sebagai perwakilan dari bank bjb.(RDN)

News Feed