oleh

Pemkot Cimahi Berikan Bantuan Bagi 17.603 KK Untuk Empat Bulan Ke Depan

CIMAHI – Pemkot Cimahi mulai mendistribusikan bantuan pangan bagi 17.603 Kepala Keluarga (KK) untuk empat bulan ke depan yang anggarannya berasal dari kas daerah (APBD).

Walikota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan, bantuan pangan yang diberikan ke masyarakat merupakan upaya Pemkot Cimahi meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah virus korona.

“Bantuan pangan yang diberikan berupa 20 kilogram beras dan 1 dus mie instan yang akan diberikan selama empat bulan ke depan,” ucapnya, saat pelepasan pendistribusian sembako, Senin (18/5/2020).

Ajay mengungkapkan, pendistribusian bantuan pangan disalurkan sekarang menunggu bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah gubernur selesai. Hal itu memudahkan pemerintah dalam menyisir masyarakat yang selama ini belum mendapatkan bantuan.

“Bantuan diberikan sesuai dengan data yang beradasarkan nama dan alamat. Mengingat prioritas penerima bantuan merupakan masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sebelumnya,” ungkapnya.

Dalam pendataan, lanjut Ajay membutuhkan cukup waktu karena data penerima bantuan yang tercatat di Dinas Sosial mencapai 80 ribu kepala keluarga. Dengan begitu perlu dilakukan pengecekan dan sinkronisasi data, baik penerima bantuan pemerintah pusat, bantuan gubernur dan bantuan yang akan disalurkan.

“Dengan dilakukan sinkronisasi data penerima diharapkan tidak terjadi tumpang tindih dalam pendistribusian bantuan yang disalurkan Pemkot Cimahi,” jelasnya.

Dalam pendistribusiannya bantuan pangan akan langsung disalurkan ke rumah-rumah penerima dengan melibatkan RT/RW yang dibantu oleh karang taruna. Ajay berharap bantuan ini tepat sasaran, jika ada warga yang merasa mampu secara ekonomi agar mengembalikan, supaya bisa disalurkan kembali ke warga yang sangat membutuhkan.

“Sasaran bantuan bagi mereka yang benar-benar berhak dan membutuhkan. Jika dalam pelaksanaanya ada satu atau dua penerima yang tidak tepat harap dimaklum,” tandasnya. (RDN)

 

News Feed