oleh

Penanganan Pandemi dan Vaksinasi Dorong Bisnis Pembiayaan Pulih di Tahun 2022

LEMBANGPEDIA- PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) yang menunjukkan adanya kenaikan laba bersih perusahaannya di tahun kedua pandemi.

Perkiraan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) optimis pemulihan bisnis pembiayaan akan tumbuh positif seiring perbaikan penangan pandemi dan percepatan vaksinasi.

APPI optimis jika perekonomian Indonesia bisa tumbuh 5 persen di 2022 maka bisnis pembiayaan akan terdongkrak 3-6 persen.

Direktur Perseroan, Zacharia Susantadiredja menyebutkan bisnis pembiayaan pada 2022 sangat menjanjikan. Segmen penduduk berpenghasilan menengah ke bawah diprediksi akan mengalami perbaikan pendapatan.

Zacharia mengatakan WOM mencatatkan laba bersih selama sembilan bulan pertama 2021 sebesar Rp76 miliar. Laba bersih ini meningkat 34 persen dibandingkan pada periode September 2020 yang mencapai Rp56 miliar.

“Sedangkan total penyaluran pembiayaan kami mengalami peningkatan sebesar 69% mencapai Rp3,0 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,8 triliun ,” tuturnya.

Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar menyampaikan Perseroan telah melakukan beberapa inovasi dan inisiatif dalam rangka perbaikan kinerja Perseroan di tengah pandemi Covid 19.

Perseroan juga telah menjalankan sentralisasi proses operasional dan kredit serta optimalisasi produktivitas dan efektivitas tenaga marketing dan penagihan.

Untuk pengembangan produk, pada Agustus lalu Perseroan telah meluncurkan produk baru pembiayaan logam mulia bernama MasKu.

“Keberhasilan Perseroan dalam menjalankan keseluruhan strategi ditengah masa sulit Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang positif bagi pencapaian kinerja Perusahaan,” ungkap Djaja.

Total Ekuitas mengalami peningkatan 8% menjadi Rp 1,3 triliun, Return on Asset (ROA) 2.7% dengan Return on Equity (ROE) 8,1%, meningkat masing-masing dari 1,5% dan 6,1% dibandingkan September 2020. Sedangkan Non Performing
Financing/NPF – Nett 0,9%, turun 1,9% dibandingkan September 2020.(RDN)

News Feed