oleh

Perusahaan di KBB Harus Bayarkan THR Utuh Tanpa Dicicil

LEMBANGPEDIA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hengki Kurniawan mengimbau pada perusahaan yang berada di Kabupaten Bandung Barat untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) tanpa dicicil.

THR, menurut Hengki, dapat menjadi pegangan pekerja yang tidak dapat mudik di masa pandemi. Jika perusahaan lalai, ini akan menjadi sumber permasalahan sosial.

Apalagi dalam ketentuan Kementerian Tenaga Kerja melalui Surat Edaran Menaker Nomor: M/6/HK.04/IV/2021yang di sampaikan sejak 12 April 2021, telah dijelaskan agar perusahaan dapat membayarkan uang THR dengan utuh kepada pekerja.

“Saya mengimbau untuk semua perusahaan di KBB dapat mengikuti anjuran surat edaran Menteri Ketenagakerjaan terkait THR harus 100 persen dan tanpa di cicil,” ucap Hengki dalam unggahan di akun Instagramnya pada Kamis, 29 April 2021. 

Hengki mengatakan bagi perusahaan yang tidak mampu harus menyampaikan ke publik atau menyampaikan langsung kepada Pemda Kabupaten Bandung Barat. Selain itu harus dijelaskan kepada pekerja alasan ketidakmampuan secara transparan. 

Untuk ketentuan akan diberikan sanksi bagi perusahaan yang tidak membayar THR jauh hari dengan pembayaran full, Hengki mengatakan akan memberikan sanksi mengikuti ketentuan yang sudah ditentukan oleh pusat.

“Kalau tidak menyampaikan jauh-jauh hari tentu sanksinya ada. Oleh karena itu,  harus disampaikan jauh-jauh hari. Sanksi berupa surat teguran sampai penghentian produksi bahkan ke tingkat lebih,” katanya.

Hengki juga membuka diskusi bagi perusahaan yang tidak mampu membayarkan THR karyawannya. Dengan demikian, dapat dicarikan solusinya dengan bersama-sama.

“Kami pemerintah siap memfasilitasi apabila memang ada perusahaan yang keberatan dan sebagainya, atau jika ingin curhat silahkan, kami siap menjadi penengah antara kedua belah pihak,” ujarnya/(RDN)

News Feed