oleh

Polisi Bubarkan Kegiatan Komunitas Motor, Tidak Miliki Ijin Dan Langgar Prokes

LEMBANG – Kegiatan komunitas motor yang bertajuk We Calling All The Bikers “Sunmori” To Rest Area 72 Lembang, dibubarkan oleh pihak Kepolisian Sektor Lembang karena tidak memiliki ijin kegiatan dan melanggar protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Kegiatan tersebut digelar di Jalan Raya Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu (8/11/2020) pagi.

Kapolsek Lembang, Kompol. Sarche Christiati Leodima menyatakan, pihaknya mendapatkan laporan dan keluhan dari masyarakat karena terjadi kemacetan luar biasa dan antrian kendaraan yang panjang yang disebabkan adanya kegiatan komunitas motor. Atas laporan tersebut, pihaknya langsung datang ke lokasi dan melakukan pengecekan di lapangan.

“Setidaknya ada sekitar 1 ribu orang yang mengikuti kegiatan tersebut dan jumlah motor tidak kurang dari 500 unit,” ucapnya.

Dari hasil pemantauannya, lanjut Sarche, dalam kegiatan terdapat pelanggaran Prokes Covid-19, dimana terdapat kerumunan orang, banyak yang tidak menggunakan masker serta tidak menjaga jarak. Selain itu, setelah berkoordinasi dengan pihak panitia untuk mengetahui perijinan kegiatan tersebut, diketahui tidak mengantongi ijin dari pihak berwenang.

“Pihak panitia saat ditanya soal ijin kegiatan tidak bisa menunjukannya dan pihak kepolisian pun tidak menerbitkan ijin kegiatan tersebut,” jelasnya.

Dengan kondisi seperti itu dan hasil dari arahan musyawarah pimpinan kecamatan dan Kapolres, Sarche bersama jajarannya membubarkan kegiatan karena banyak pelanggaran. Dusamping itu juga sebagai langkah antisipasi dan menghindari adanya klaster baru dari kegiatan tersebut.

“Untuk membubarkan kegiatan tersebut, sebanyak 15 personel kepolisian yang diturunkan ke lokasi kegiatan,” tandasnya. (RDN)

News Feed