oleh

PPKM Mikro Diberlakukan, Ini Aturan Pernikahan dan Khitanan di Kota Bandung

LEMBANGPEDIA – Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) telah diterapkan Pemerintah Kota Bandung sejak Selasa, 9 Februari 2021. Pelaksanaan acara pernikahan, khitanan, pemakaman jenazah hingga kegiatan politik dibatasi.

Pembatasan tersebut diberlakukan sejak 9 Februari 2021, hingga 22 Februari 2021 mendatang.

Acara pernikahan, juga 3 acara lainnya berpotensi mengundang kerumunan. Oleh karena itu, diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara pernikahan yang dilaksanakan baik di gedung sewaan maupun di rumah hanya dapat dihadiri oleh tamu sebanyak maksimal 30% dari total kapasitas gedung atau ruangan. Kegiatan pernikahan yang digelar di rumah harus mendapat persetujuan dari camat setempat terlebih dahulu.

Pemakaman jenazah yang dapat dihadiri orang adalah yang bukan meninggal dunia dikarenakan Covid-19. Pemakanan maksimal dihadiri oleh 30 orang.

Acara khitanan di gedung sewaan hanya dapat dihadiri oleh tamu sebanyak 30% kapasitas gedung. Sementara khitanan yang dilangsungkan di rumah maksimal hanya dapat dihadiri 50 orang.

Sama seperti pernikahan di rumah, khitanan di rumah harus mendapat persetujuan camat setempat terlebih dahulu.

Ketentuan-ketentuan itu didasarkan pada dua peraturan yang mengatur tentang PPKM Mikro atau PSBM. Dua aturan itu antara lain Perwal Nomor 4 Tahun 2021 dan Perwal Nomor 5 Tahun 2021.

Bila ketentuan tersebut dilanggar, ada sanksi yang menanti. Mulai dari teguran lisan atau tertulis, penjaminan kartu identitas, kerja sosial, pengumuman secara terbuka, peghentian kegiatan, hingga sanksi administratif berupa denda mulai dari Rp100.000-Rp500.000.(RDN)

News Feed