oleh

Rekomendasi 4 Tanaman Hias yang Tak Butuh Banyak Sinar Matahari

LEMBANGPEDIA – Tidak semua tanaman hias membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh, Wargi Lembangpedia.

Ada beberapa tanaman yang justru bisa tumbuh dengan optimal jika tidak mendapat sinar matahari berlebihan.

Jenis tanaman hias itu, malah akan terbakar bila terkena sinar matahari yang kuat sepanjang hari.

” Jumlah sinar matahari yang dibutuhkan tanaman tergantung dari mana asalnya dan lingkungan asalnya. Bila digunakan untuk lebih banyak cahaya tidak langsung, meletakkannya di tempat dengan sinar matahari yang kuat sepanjang hari dapat menyebabkannya terbakar,” ujar Nika Vaughan, pakar tanaman dan pemilik Plant Salon, dikutip dari MarthaStewart.

Pencahayaan tidak langsung biasanya mengacu pada area mana pun di rumah, di mana sinar matahari melewati penghalang seperti tirai, sebelum mencapai tanaman.

Tanaman yang tumbuh dalam pencahayaan tidak langsung harus ditempatkan di ruangan dengan jendela yang mendapat sedikit sinar matahari.

” Tempatkan di area yang jauh dari jendela sehingga tidak pernah berada dalam jalur cahaya langsung,” jelas Marcus Bridgewater, yang juga seorang pakar tanaman.

Simpan dalam ruangan

Berikut empat tanaman yang tak butuh paparan sinar matahari langsung. Bisa ditempatkan di teras atau dalam ruangan.

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa dikenal memiliki daun besar dengan lubang yang memungkinkan sinar matahari menembus ke daun bagian bawah.

Varietas ini mentolerir pencahayaan tidak langsung dengan baik sambil tetap terlihat besar dan lebat. Monstera ini mudah beradaptasi dengan jangkauan cahaya yang lebih luas.

2. Cholorophytum Comosum atau Spider Plant

Marcus merekomendasikan chlorophytum comosum atau juga dikenal sebagai tanaman “laba-laba” atau “pesawat terbang”.

“Tanaman ini tumbuh paling baik dalam kondisi tidak langsung mendapat paparan mahari atau minim cahaya. Populer karena cabangnya yang melengkung (terkadang beraneka ragam) yang menghasilkan banyak keturunan atau versi mini dari batang induk,” ujar Nika.

3. Aglaonema

Untuk opsi seru yang akan mencerahkan sudut yang redup, cobalah tempatkan Aglaonema. Kelompok tanaman ini memiliki warna beragam dan cerah seperti merah muda, merah, krem, kuning kemerahan, putih, dan keemasan.

Tanaman ini juga dapat tumbuh di mana saja, termasuk dia area dengan cahaya matahari minim dan dengan kelembapan rendah. Penting diingat, seperti kebanyakan tanaman hias yang mentolerir cahaya redup, tanaman ini tumbuh dengan lambat.

4. Zamioculcas Zamiifolia

Lebih dikenal sebagai tanaman “ZZ”, zamioculcas zamiifolia adalah cara yang baik untuk menambahkan dedaunan ke area dalam rumah yang tidak menerima banyak sinar matahari.

Daunnya yang berkilau dan lilin tumbuh di batang yang tebal dan berair, dan akarnya menumbuhkan umbi bundar untuk menyimpan air. Itu adalah lambang tanaman dengan kebutuhan cahaya yang rendah. Tanaman ini mudah dipindahkan di berbagai area dalam ruangan.

Demikian 4 jenis tanaman yang cantik tanpa harus terus-terusan berada di bawah sinar matahari agar tumbuh optimal. (TIEN)

News Feed