oleh

Ungkapkan Rasa Syukur, Dusun Bambu Gelar Upacara Hajat Bumi

Objek Wisata Dusun Bambu menggelar kegiatan budaya Upacara Hajat Bumi sebagai bentuk rasa syukur atas dilimpahkan keberkahan selama ini, Senin (30/12/2019).

CISARUA – Sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan berkah dan keselamatan dan berharap yang sama untuk tahun akan datang, objek wisata Dusun Bambu menggelar Upacara Hajat Bumi yang dilangsungkan di areal Dusun Bambu, di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Tentunya, doa dan puji syukur pada Alloh SWT yang memiliki segalanya adalah hal paling utama, akan tetapi gelaran budaya ini merupakan salah satu media dalam bentuk lain untuk lebih lebih peduli terhadap lingkungan, masayarakat serta adat istiadat kesundaan.

“Intinya mensyukuri segala sesuatu yang telah dinikmati selama ini, baik berupa materi dan kenikmatan lainnya yang tidak bisa dinilai,” ucap Kokolot Dusun Bambu, Wawan Dandawan Margadipraja, Senin (30/12/2019).

Dalam kegiatan ini, iring-iringan hajat bumi dimulai di areal sawah yang menghasilkan padi yang menjadi makanan pokok masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan karena telah memberikan manfaat yang sangat luar biasa.

Peserta iring-iringan membawa berbagai hasil bumi, mulai dari padi, buah-buahan, bebeutian, sayur-mayur dan lainnya. Selain itu tidak ketinggalan iringan musik khas sunda yang menambah semarak gelaran Upacara Hajat Bumi.

“Keberkahan ini harus diiringi dengan rasa yang gembira, makanya apa yang bisa dibawa dalam acara ini, ya dibawa semua,” jelas Wawan.

Usai berkeliling di wahana Dusun Bambu, iring-iringan berhenti dan dilanjutkan dengan pagelaran pencak silat sebagai tanda berakhirnya Upacara Hajat Bumi.

Wawan mengatakan, kegiatan budaya ini ditampilkan untuk memberikan pengalaman baru pada wisatawan yang datang ke Dusun Bambu. Pasalnya tradisi sunda ini, terutama di perkotaan sudah jarang sekali digelar.

“Ditampilkannya budaya di pariwisata memberikan nilai lebih yang mencakup banyak hal, baik dari segi edukasi dan pelestarian budaya itu sendiri,” terangnya.

Di samping itu, kegiatan budaya ini bagian dari program Dusun Bambu yang mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan dan pelestarian budaya kesundaan yang menjadi daya tarik para pengunjung.

“Komitmen Dusun Bambu akan kepeduliannya terhadap lingkungan dan budaya berbuah penghargaan ISTA 2019 dari Kementerian Pariwisata,” ujar Wawan.

Selain menggelar Upacara Hajat Bumi, para pengunjung juga disuguhkan pertunjukan musik angklung dari Daeng Udjo. (RDN)

Komentar

News Feed