oleh

Waspada! Hujan Angin Rusak Rumah Warga di Cibeureum

CIMAHI— Sejumlah atap rumah warga tersapu angin puting beliung di RW 23-RW 25 Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Atap rumah yang rusak segera diperbaiki. Apalagi mengingat curah hujan beberapa hari terakhir cukup tinggi.


Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (11/11/2020) petang. Warga yang panik berhamburan keluar rumah karena khawatir tertimpa atap rumah. Ada pula warga yang memilih bertahan di dalam bangunan.


Tadi pagi, warga mulai memperbaiki atap rumah. Tetapi ada juga yang sudah diperbaiki sejak malam untuk menghindari air masuk ke dalam rumah jika turun hujan.


“Malam kemarin diperbaiki seadanya takut hujan masuk ke rumah, cari toko bahan bangunan yang masih buka. Tadi pagi hujan, Alhamdulillah ngga sampai masuk rumah karena sudah diperbaiki,” ujar Nina (55), warga RT 2 /RW 23, Kelurahan Cibeureum.


Ia mengaku atap rumah yang terbuat dari asbes terbang disapu angin. Nina mengatakan tidak berani ke luar rumah. Ternyata atap rumahnya yang berbahan asbes beterbangan disapu angin.


Ketika dikonfirmasi, Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan kejadian angin puting beliung di Jalan Rancabentang RW 23 Kel. Cibeureum Kota Cimahi terjadi saat cuaca cerah.

“Padahal cuaca cerah, tidak dalam kondisi hujan. Bisa jadi anomali cuaca di peralihan musim. Termasuk kejadian luar biasa, ketika atap rumah warga tersapu angin kencang. Alhamdulillah, untungnya tidak ada korban jiwa,” ujarnya.


Kejadian tersebut telah merusak rumah warga dan kontrakan. Ajay mengatakan pihaknya langsung memberi bantuan dari BPBD minimal untuk penanganan awal bencana seperti terpal agar atap rumah warga yang rusak sedikitnya tertutup sebelum diperbaiki secara permanen.


Ajay meminta masyarakat Kota Cimahi mewaspadai berbagai potensi bencana yang bisa berlangsung di Kota Cimahi.

“Seperti informasi BMKG saat ini fenomena La Nina tengah berlangsung, maka perlu waspada akan curah hujan tinggi yang bisa memicu berbagai bencana,” tuturnya. (Tien)

Komentar

News Feed