oleh

WOM Finance Ajak Masyarakat Bijak dan Peka Memilih Perusahaan Pembiayaan

LEMBANGPEDIA –  Salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) terus memacu laju bisnis di tengah pandemi covid-19. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait industri perusahaan pembiayaan atau multifinance yang juga dalam rangka meningkatkan literasi keuangan.

Literasi Keuangan tersebut dilaksanakan WOM Finance di wilayah Kelurahan Pelindung Hewan, Bandung ini mengangkat tema “Bijak dan Aman dalam Memilih Perusahaan Pembiayaan” dan diikuti oleh para peserta yang merupakan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Pelindung Hewan.

Human Capital Manager WOM Finance Regional Jawa Barat, sekaligus pembicara dalam Literasi Keuangan, Ricki Oktaviana  mengatakan bahwa WOM Finance sangat mendukung upaya peningkatan literasi keuangan dengan cara menyediakan edukasi keuangan sebagai proses untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan konsumen maupun masyarakat.

“Diharapkan dengan memiliki pengetahuan akan keuangan , lanjut Ricki, mereka mampu mengelola keuangan pribadi lebih baik di masa kini maupun di masa yang akan datang,” ucapnya.

Disamping itu, konsumen dan masyarakat dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih baik dan dapat memilih produk dan jasa pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan, mengetahui dengan benar manfaat dan risikonya, serta paham hak dan kewajiban sebagai konsumen pembiayaan.

“Di samping itu, diharapkan makin banyak konsumen dan masyarakat yang memanfaatkan produk pembiayaan dan berijelas Ricki.

Selain memberikan edukasi mengenai Literasi Keuangan, WOM Finance juga mengadakan cooking class bagi warga masyarakat yang hadir. Diharapkan kegiatan cooking class ini bisa menjadi inspirasi masyarakat sekitar untuk menambah penghasilan.

Tentang WOM Finance

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk didirikan pada 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing yang bergerak di bidang pemberian pembiayaan sepeda motor, khususnya untuk sepeda motor merek Honda. Pada 2000, Perseroan mengubah nama menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan Perseroan terus mengalami perkembangan dan tidak lagi hanya melayani pembiayaan sepeda motor merek Honda, tapi juga sepeda motor merek Jepang lainnya, seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Pada 2005, WOM Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Bank Maybank Indonesia Tbk (MBI) setelah mengakuisisi 43% kepemilikan saham Perseroan. Pada 2015, Perseroan melakukan right issue melalui Penawaran Umum Terbatas, di mana MBI bertindak sebagai standby buyer.

Dalam right issue ini, WOM Finance menerbitkan 3.481.481.480 saham baru. Kini, kepemilikan saham MBI di Perseroan sebesar 67,49%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Wahana Makmur Sejati dengan jumlah kepemilikan saham sebesar 25,01% dan publik sebesar 7,50%.

Saat ini, WOM Finance telah melakukan kerja sama dengan beragam platform aplikasi digital untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran konsumen merupakan upaya WOM Finance dalam memberikan layanan berkualitas yang didukung oleh MBI.

WOM Finance juga terus meningkatkan permodalan baik melalui penerbitan obligasi maupun pinjaman dari bank. Pada semester pertama tahun 2022, Perseroan menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan IV Tahap 2 Obligasi WOM Finance Tahun 2022 senilai  Rp 800 miliar dan telah mendapatkan pinjaman bank senilai Rp 1 triliun.

Kinerja operasional WOM Finance didukung oleh 162 kantor jaringan dengan lebih kurang 2.300 karyawan untuk melayani lebih kurang 315 ribu konsumen aktif melalui sumber daya manusia yang unggul dan layanan yang berkualitas. (RDN)

News Feed